Berbagai Keuntungan Penggunaan Visa On Arrival Pada Kunjungan Luar Negeri

Berbagai Keuntungan Penggunaan Visa On Arrival Pada Kunjungan Luar Negeri

Sebuah kunjungan ke luar negeri memerlukan dokumen-dokumen yang tidak sedikit. Dua jenis dokumen yang sngat diperlukan bagi orang yang ingin pergi ke luar negeri adalah visa dan paspor.

Banyak orang awam mengira visa dan paspor menrupakan jenis dokumen yang identik. Padahal ada berbagai perbedaan di antaranya. Lalu bagaimanakah perbedaan visa dan paspor itu? Lalu apa saja keuntungan menggunakan visa on arrival? Simak pembahasannya pada uraian di bawah ini.

Berbagai Hal Mengenai Visa Dan Paspor Yang Harus Anda Tahu!

Paspor dan visa memiliki peran yang penting terhadap kelancaran perjalanan seseorang ke luar negeri. Paspor berbentuk seperti buku dan berisi identitas lengkap seseroang, sedangkan visa berbentuk seperti stiker atau cap yang ditempelkan pada paspor. Ada berbagai perbedaan visa dna paspor yang harus anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Berdasarkan pihak penerbit

Visa merupakan tiket masuk sebuah negara yang dilayangkan oleh seseroang. Visa tersebut secara otomatis diterbitkan oleh negara tujuan. Visa terbagi menjadi tiga, yaitu short-stays visa, student visa, dan temporary worker visa.

Sedangkan paspor juga terbagi menjadi tiga, yaitu paspor umum, paspor dinas, dan paspor diplomatik. Bedanya, paspor diterbitkan oleh dalam negeri. Jadi, ketika anda akan membuat paspor, dokumen tersebut dibuat oleh pemerintah Indoensia.

  1. Masa berlaku dokumen

Perbedaan visa dan paspor selanjutnya adalah masa berlaku dokumen. Paspor memiliki jangka waktu pemakaian selama 5 tahun, baik untuk paspor berwarna hijau (umum), biru (dinas), maupun paspor diplomatik.

Namun berebda halnya dengan visa. Dokumen yang diterbitkan oleh negara tujuan ini memiliki masa berlaku yang berbeda untuk tiap jenisnya. Short –stays visa mmeiliki masa berlaku 15 hari hingga satu bulan. Sedangkan untuk student dan temporary worker visa memiliki masa berlaku hingga kegiatan di negara tujuan tersebut selesai.

Dari berbagai perbedaan yang telah kami sebutkan, mungkin anda sudah bisa membayangkan bagaimana pentingnya visa dan paspor dalam sebuah kunjungan ke luar negeri.

Pada awal artikel kami menjanjikan akan menjelaskan mengenai visa on arrival. Sebenarnya apakah tujuan dari visa jenis itu?

Visa on arrival memiliki arti visa pada kedatangan. Biasanya, ketika anda membuat permohonan visa, hal itu bisa berlangsung sangat lama, yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan. Namun dengan adanya visa on arrival ini, para pengunjung sebuah negara tidak perlu membuat permohonan visa terkait.

Mereka hanya perlu ke loket-loket yang disediakan oleh pihak bandara ketika datang di negara tujuan. Lalu apa saja manfaat dari visa on arrival?

  1. Lebih praktis

Dengan adanya visa on arrival, seseroang tidak perlu membuang waktu dan uang untuk bisa mendapatkan perijinan masuk suatu negara. Hal ini menguntungkan bagi para pelajar atau pekerja untuk dapat pergi secepat mungkin ke negara asal ketika ada suatu kebutuhan mendadak.

  1. Biaya yang lebih efisien

Dengan adanya visa on arrival, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya permohonan visa yang baisannya ditentukan oleh negara tujuan. Dengan demikian, biaya untuk pergi ke luar negeri bisa sedikit dipangkas.

  1. Hati lebih tenang

Adanya peratuan pembuatan visa yang dipatok waktu awal dan akhir kunjungan membuat waktu seseorang ketika di luar negeri tidak fleksibel. Dengan adanya visa on arrival, anda bsia membatalkan kepergian ke luar negeri jika ada halangan mendadak.

Dengan berbagai ulasan di atas, pastinya anda telah mengetahui dengan jelas perbedaan visa dan paspor. Semoga informasi dari kami bermanfaat.